Minggu, 08 April 2012

Desainer + (masalah, impian, dan perubahan) = Solusi

Apakah Anda Desainer atau calon Desainer?
Minggu, 9 April 2012. Dimalam yang dingin dan sunyi, saya kembali mengisengkan diri membuka buku yang sampulnya berwarna merah. Terdapat tiga kata sebagai judul, dengan coretan sigsag berwarna hitam. Penulisnya adalah seorang desainer, perancang strategi dan seorang pembicara ahli untuk melakukan sebuah misi, David B. Berman.

Ada beberapa pandangan yang sangat menarik dari David B. Berman dan tentunya sangat berguna bagi calon desainer, desainer dan bagi disiplin ilmu yang lain yang berhubungan dengan peran desain (Orang yang membeli desain dan orang-orang yang mengkonsumsi desain).  Pandangan beliau  tentang desainer itu seperti apa dan bagaimana peran desainer  didalam suatu perubahan ?

Desainer grafis (ada juga yang menyebutnya dengan desainer komunikasi) menciptakan jembatan antara informasi dan pemahaman. Desainer industry menambahkan aspek tepat guna dan daya tarik pada sebuah obyek. Desainer interior menciptakan ruang dimana kita tinggal.

ilustrasi : pageh putu


Desainer mempunyai tanggung jawab sosial yang penting karena didunia ini desain adalah inti dari tantangan sekaligus solusi. Desainer menciptakan banyak hal di dunia yang kita tinggali ini, mulai dari hal yang kita konsumsi, sampai menciptakan harapan-harapan apa yang ingin kita penuhi.  Desainer membentuk apa yang kita lihat, kita gunakan, kita rasakan. Desainer mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk mempengaruhi bagaimana dunia ini berjalan, dan bagaimana kita merancang masa depan. Seberapa besar kekuatan itu?

Saya sendiri begitu tercengang dengan tutur yang beliau sampaikan pada buku tersebut. Memutar otak untuk memikirkan , merenung dengan apa yang saya pelajari selama ini belum sampai pada titik tersebut. Saya hanya mengenal desain sebatas perancangan, merancang suatu hal yang baru dari yang terbaru. Tetapi didalam buku tersebut menjelaskan lebih dari hanya sekedar merancang suatu hal yang baru atau bersifat kebaruan. Didalam buku yang berjudul “ do good design”(terdapat coretan sigsag pada kata design) akan menjawab dari pertanyaan diatas.

     ilustrasi : pageh putu


Desainer memiliki kekuatan lebih besar dari yang dibayangkan: kreativitas mereka mendorong terciptanya alat tipuan paling efisien (dan paling bersifat merusak) dalam sejarah manusia.
Mungkin ancaman terbesar bagi umat manusia adalah konsumsi yang berlebih daripada yang diperlukan. Kita terperangkap dalam kegembiraan yang tak tertahankan. Pemicunya adalah kebohongan visual yang berkembang pesat. Hal itu dimungkinkan oleh kecanggihan segala sesuatu, efek psikologis manusia, kecepatan gerak, dan kemudahan jangkauan semua benda. Semuanya didesain untuk meyakinkan kita bahwa kita “membutuhkan”  lebih banyak barang daripada yang kita perlukan.  Kebudayaan manusia yang sedang menuju kebudayaan global, tidak boleh membuat satupun kesalahan global yang besar.

Disisi lain, desain yang memicu konsumsi berlebihan itu juga sebetulnya desain yang mempunyai kekuatan untuk memperbaiki dunia.

Desainer dapat menjadi contoh bagi para professional lain. Caranya dengan mengetahui pengaruh yang dapat dia lakukan. Lalu melakukan tanggung jawab yang menyertai kekuatan yang ia punyai untuk memperbaiki dunia.

Maka,  jangan hanya membuat desain yang baik, tapi berbuatlah kebaikan.

sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar